Serunya Wisata Sehari Di Jakarta

Jakarta sebagai ibukota negara kesatuan republik Indonesia memang selalu ramai dengan hiruk pikuk orang. Tak heran, Jakarta yang terkenal sebagai penopang roda bisnis negara Indonesia ini dipenuhi oleh gedung-gedung tinggi pencakar langit sebagai sarana perkantoran, hotel maupun tempat tinggal. Banyak orang yang tertarik datang ke Jakarta hanya untuk mengundi nasib dan mencari mata pencaharian. Namun sebetulnya di Jakarta pun terdapat tempat wisata yang menarik dan bisa Anda kunjungi mulai dari wisata kota tua, museum, kebun binatang, pantai dan tempat rekreasi.

Bila Anda berkesempatan datang ke Jakarta, Anda dapat melakukan wisata sehari di Jakarta untuk lebih mengenal ibukota negara dan budayanya dan berikut adalah 4 objek wisata di Jakarta yang wajib dikunjungi:

  1. Wisata ke Monumen Nasional
monas

Tugu Monas (sumber foto: wikipedia.org)

Monumen Nasional atau lebih dikenal dengan kata Monas merupakan ikon atau ciri khas nya Jakarta. Monas terletak di daerah Jakarta Pusat dan tidak jauh dari stasiun Kereta Api Gambir dan masjid Istiqlal. Anda belum bisa disebut datang ke Jakarta bila belum pernah datang ke tempat ini dan mengabadikan momen di bawah tugu Monas :-).

Selain berkeliling di taman yang ada di sekitar tugu Monas, Anda pun dapat menonton diorama sejarah Indonesia dari mulai jaman Kerajaan Sriwijaya hingga masa pemerintahan Orde Baru. Di sini pun Anda dapat mendengarkan suara rekaman pembacaan naskah proklamasi oleh Bung Karno pada tanggal 17 Agustus 1945 yang silam. Anda dapat mendengarkannya dengan masuk ke ruang kemerdekaan. Jangan lupa untuk naik ke puncak tugu Monas karena di puncak tugu ini Anda dapat melihat indahnya kota Jakarta dari ketinggian.

  1. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) atau lebih dikenal dengan nama Taman Mini merupakan sebuah taman dengan miniatur pulau di dalamnya beserta rumah-rumah khusus yang disebut dengan anjungan yang mencerminkan kebudayaan dari tiap provinsi yang ada di Indonesia. Bila Anda ingin berkeliling Indonesia dan mengenal ciri khas budayanya, Anda tidak perlu jauh-jauh berkeliling dan menghabiskan waktu Anda untuk mendatangi tiap daerah yang ada di Indonesia, Anda cukup datang ke Taman Mini saja. Anda dapat berkeliling menggunakan perahu gantung atau kereta.

Teater Keong Mas

Teater Keong Mas (sumber foto: wikipedia.org)

Selain mempelajari budaya, di Taman Mini yang terletak di daerah Jakarta Timur ini juga Anda dapat menonton film edukasi 4 dimensi di teater Keong Mas. Selain itu terdapat taman-taman lain seperti taman burung, taman reptil, taman serangga dan taman anggrek.

  1. Pusat Primata Schmutzer
Baca juga:  Wisata Petik Strawberry Sendiri

Pusat Primata Schmutzer merupakan pusat primata terbesar di dunia dan terletak di dalam area Kebun Binatang Ragunan. Berbagai macam primata (keluarga monyet-monyetan) dapat Anda temui di sini. Mereka dibiarkan hidup di alam aslinya tanpa kandang sehingga Anda akan merasa berada dalam hutan monyet :-).

schmutzer wikipedia dot org

Pusat Primata Schmutzer (sumber foto: wikipedia.org)

Sebaiknya Anda berkunjung ke tempat ini pada siang hari yaitu sekitar jam 12 karena pada saat tsb primata-primata yang berada di Pusat Primata Schmutzer tsb sedang diberi makan siang oleh petugas dan ini akan menjadi tontonan yang sangat menarik. Untuk masuk ke tempat ini Anda hanya diwajibkan membayar tiket masuk sekitar 11500 rupiah saja.

  1. Wisata Kota Tua

Tempat wisata kota tua merupakan sebuah kawasan peninggalan jaman penjajahan Belanda dahulu kala. Dahulu kala, Jakarta bernama Batavia dan pusat pemerintahan Batavia berada di tempat ini. Area kota tua meliputi Balai Kota Batavia atau yang lebih dikenal dengan museum Fatahillah, museum Bank Indonesia yang dulu disebut sebagai De Javasche Bank hingga pelabuhan Sunda Kelapa. Anda dapat menikmati peninggalan sejarah di kawasan wisata kota tua ini dengan cara berkeliling menggunakan sepeda onthel sewaan ataupun berjalan kaki. Anda pun dapat menikmati jajanan khas Jakarta seperti kerak telor dsb. Jangan lupa mengabadikan setiap momen Anda di kota tua ini apalagi saat Anda mengendarai sepeda onthel .. hmm pasti terlihat sangat retro.

Balai Kota Tua sumber foto: indoweb.org)

Balai Kota Tua sumber foto: (indoweb.org)

Agar Anda dapat menikmati 4 objek wisata pilihan di atas dan melakukan wisata sehari di Jakarta, saya sarankan untuk:

  1. Merunut tempat wisata dari yang terdekat dulu dengan domisili Anda, misalnya bila Anda datang dari Depok maka sebaiknya Anda datang ke Taman Mini dulu dilanjutkan ke Kebun Binatang lalu ke Monas dan terakhir ke Kota Tua.
  2. Gunakan transportasi umum seperti Trans Jakarta agar terhindar dari kemacetan. Harga tiketnya pun super murah yaitu hanya 3500 rupiah saja. Perhatikan rute dan tempat pemberhetian (shelter) agar Anda dapat turun di tempat terdekat. Bila tidak yakin, rajinlah bertanya pada petugas Trans Jakarta ya …
  3. Gunakan fasilitas bis wisata gratis “Mpok Siti” yaitu bis tingkat yang dikelola oleh pemerintah kota Jakarta. Namun sayangnya bis ini belum melayani seluruh area wisata di Jakarta, baru daerah Jakarta Pusat dan sekitarnya. Dan Anda dapat memanfaatkan fasilitas bis wisata gratis ini sampai akhir tahun 2014 ini, jadi buruan …
  4. Ingatlah waktu, janganlah sampai terlalu terlena di suatu tempat.
Baca juga:  Menikmati Sore di Pasir Putih Barat Pangandaran

Selamat mencoba wisata sehari di  Jakarta dan selamat berlibur …

Tags: budaya edukasi kebun sejarah tips

Posting Terkait "Serunya Wisata Sehari Di Jakarta"

3 Tempat Wisata Air di Kendal Yang Sedang Hits
Jika berbicara tentang pariwisata di Jawa Tengah,
3 Tempat Wisata di Pulau Nias Yang Indah Nan Menambah Wawasan.
Wisata Pulau Nias – Apa  yang terlintas
7 Tempat Wisata Bogor Cisarua Yang Cocok Untuk Keluarga
Wisata Bogor Cisarua – Lokasi ini memang
7 Tempat Wisata Bogor Cianjur Yang Sedang Hits Dan Populer
Wisata Bogor Cianjur – Semua orang mengetahui

Tinggalkan pesan "Serunya Wisata Sehari Di Jakarta"