Menikmati Warisan Budaya Di Saung Angklung Mang Udjo Bandung

Angklung merupakan salah satu alat musik warisan budaya yang harus dilestarikan. Alat musik yang terbuat dari bambu  ini dibuat sedemikian rupa sehingga bila digoyangkan akan menghasilkan alunan musik yang diinginkan. Walaupun musik angklung merupakan musik khas asli dari tanah Sunda namun musik ini sangat terkenal sampai di mancanegara. Bila Anda ingin mengetahui lebih banyak dan mendengarkan alunan musik angklung secara langsung, Anda dapat mengunjungi Saung Angklung Mang Udjo Bandung.

Saung Angklung Mang Udjo terletak di Jalan Padasuka no. 118 Bandung, berada di sebelah kiri, bila Anda datang dari arah Gedung Sate. Bila Anda datang dari Jakarta, Anda dapat keluar di gerbang tol Pasteur kemudian lanjutkan secara lurus terus ke arah Surapati sampai akhirnya menemui papan Saung Angklung Mang Udjo. Bila menggunakan kendaraan umum, Anda dapat menggunakan angkot yang melewati jalan suci atau yang menuju terminal Cicaheum.

Saung Angklung Mang Udjo terdiri dari beberapa area bangunan dengan arsitektur bergaya Sunda dan dihiasi dengan bambu-bambu yang rimbun. Area bangunan tsb terdiri dari resto, toko souvenir dan amphi theater dengan kapasitas sekitar 1000 pengunjung.

Saung Angklung Mang Udjo ini didirikan pada tahun 1966 oleh Mang Udjo (Udjo Ngalagena) dengan tujuan melestarikan budaya dan kesenian tradisional khas Sunda.

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan di Saung Angklung Mang Udjo adalah melihat pertunjukan seni . Yang dimaksud pertunjukan seni di sini tidak hanya permainan angklung saja tapi juga kesenian khas Sunda lainnya seperti tarian, pagelaran wayang golek dll. Anda dapat melihat pertunjukan ini setiap hari mulai pukul 15.30 – 17.30.

Pertunjukan seni ini dimulai dari demonstrasi wayang golek yaitu boneka kayu khas Sunda yang dimainkan oleh dalang. Demonstrasi ini berlangsung selama 15 menit dan dibawakan dengan Bahasa Sunda. Walaupun demikian entah dari intonasi, menerka-nerka artinya atau ikut-ikutan orang, banyak wisatawan yang tertawa saat ada dialog yang lucu. Pertunjukkan kemudian dilanjutkan dengan Helaran yaitu pertunjukan yang diisi oleh serombongan anak-anak menari sambil memainkan angklung. Acara helaran sebetulnya adalah acara untuk merayakan orang khitanan.

Helaran (sumber foto: indonesia.travel)

Helaran (sumber foto: indonesia.travel)

Pertunjukan seni berikutnya adalah tari topeng Cirebon yang terdiri dari 2 babak yaitu babak pertama mengisahkan Layang Kumintir, pembawa berita Kerajaan Blambangan untuk Ratu Kencana Wungu. Di babak kedua, Layang Kumintir menyamar menjadi seorang yang gagah perkasa melawan Prabu Menakjinga.

Baca juga:  Serunya Wisata Sehari Di Jakarta

Pagelaran Calung dan Arumba kemudian mengisi pertunjukan seni setelah tari topeng. Calung adalah alat musik dari bambu, namun berbeda dengan angklung, calung dibunyikan dengan cara dipukul. Sementara arumba adalah alat musik dari bambu pula namun memiliki tangga nada diatonis.

Pertunjukan berikutnya adalah pertujukan utama karena merupakan pertunjukan angklung yang menggunakan berbagai jenis angklung dan memainkan beraneka ragam mulai dari musik daerah sampai lagu internasional yang populer seperti You Raise Me Up dll.

Angklung (sumber foto: indonesia.travel)

Angklung (sumber foto: indonesia.travel)

Penonton pun diajak memainkan angklung bersama-sama dengan angklung yang dipinjamkan oleh penyelenggara. Dan di akhir acara pertunjukan, penonton diajak menari bersama.

Selain melihat pertunjukan seni, di Saung Angklung Mang Udjo ini dapat melihat dan mempelajari cara membuat angklung, bersantai, menikmati suasana khas Sunda di Bale-Bale dan tentunya Anda pun dapat menikmati makanan khas Sunda.

Membuat Angklung  (sumber foto: indonesia.travel)

Membuat Angklung
(sumber foto: indonesia.travel)

Untuk dapat mengunjungi Saung Angklung Mang Udjo dan menikmati pertunjukan kesenian, Anda diharuskan membayar tiket masuk seharga 60 ribu rupiah untuk umum dan untuk pelajar hanya 40 ribu rupiah sementara anak-anak di bawah 3 tahun gratis. Dengan tiket masuk tsb, Anda sudah mendapatkan welcome drink dan souvenir gantungan kunci yang cantik loh.

Cintailah warisan budaya asli Indonesia, dan selamat beerlibur …

Tags: budaya edukasi sejarah

Posting Terkait "Menikmati Warisan Budaya Di Saung Angklung Mang Udjo Bandung"

7 Tempat Wisata Bogor Cisarua Yang Cocok Untuk Keluarga
Wisata Bogor Cisarua – Lokasi ini memang
7 Tempat Wisata Bogor Cianjur Yang Sedang Hits Dan Populer
Wisata Bogor Cianjur – Semua orang mengetahui
6 Tempat Wisata Dekat Dengan Lokasi Wisata Bogor Cibatok
Wisata Bogor Cibatok – Memang tidak banyak
6 Tempat Wisata Bogor Cibodas, Dekat Dengan Alam
Wisata Bogor Cibodas – Puncak Bogor memang

Tinggalkan pesan "Menikmati Warisan Budaya Di Saung Angklung Mang Udjo Bandung"