Meneropong Indahnya Bintang Di Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha sebetulnya bukan merupakan tempat wisata tetapi merupakan sebuah tempat penelitian astronomi. Walaupun bukan merupakan tempat wisata namun masyarakat umum diberikan kesempatan untuk datang dan mencoba menggunakan teropong untuk melihat bintang, bulan dan benda langit lainnya. Karena Observatorium Bosscha dikelola oleh ITB (Institut Teknologi Bandung), maka setiap kunjungan diharuskan mendaftar dulu ke ITB di nomor telpon 022-2786001. Pihak ITB pun memiliki kekuasaan penuh untuk pembatalan dan persetujuan pendaftaran tergantung dari acara internal ITB itu sendiri.

Observatorium Bosscha melayani dua jenis kunjungan yaitu pada siang dan malam hari.

  1. Kunjungan Siang

Kunjungan ini dibuka sepanjang tahun kecuali hari Minggu, hari Senin, hari libur nasional, tanggal 25 Desember sampai 5 Januari, dan dua minggu di sekitar hari raya Idul Fitri. Waktu kunjungan dibuka jam 9.00 pagi, 12.00 siang (kecuali hari Jumat jam 13.00) atau jam 15.00 sore dan lamanya kunjungan dibatasi hanya maksimal satu jam. Kegiatan yang diapat dilakukan pada kunjungan siang hari hanya melihat teleskop dari jauh dan mendapat penjelasan tentang teleskop Zeiss dan presentasi astronomi. Biaya kunjungan sekitar 15000 rupiah.

sumber foto: flickr.com

sumber foto: flickr.com

  1. Kunjungan Malam

Kunjungan ini hanya dibuka saat musim kemarau yaitu sekitar bulan April hingga Oktober dan hanya 3 malam saja tiap bulannya. Waktu kunjungan dibuka jam 17.00 sore dan berlangsung hingga jam 20.00. Kegiatan yang dapat dilakukan sama dengan kegiatan pada kunjungan siang hari dan pada kunjungan malam, para pengunjung diberi kesempatan untuk meneropong dan melihat benda-benda langit menggunakan teleskop Bamberg dan Unitron. Biaya kunjungan sekitar 20000 rupiah. Untuk jadwal pastinya harap dipastikan di nomor telpon di atas.

Untuk mencapai Observatorium Bosscha, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Bila menggunakan kendaraan pribadai, Anda dapat menuju ke Lembang dari arah kota Bandung. Bila menggunakan angkot, Anda dapat menggunakan semua angkot yang menuju Lembang bila Anda datang dari arah kota Bandung. Letak Observatorium Bosscha ada di sebelah kanan jalan dekat hotel Tiara sebelum Grand Hotel Lembang. Jangan sungkan untuk bertanya bila Anda ragu ya .. Bla menggunakan bis maka Anda harus memarkir bis di gerbang bawah dan Anda diharuskan berjalan kaki sekitar 800 meter atau naik ojeg. Namun bila Anda menggunakan kendaraan pribadi yang lain, Anda dapat memarkir kendaraan Anda di gerbang atas.

Baca juga:  Inilah 6 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Bila Anda berencana untuk datang ke Observatorium Bosscha maka sebaiknya Anda melakukan pendaftaran terlebih dahulu, memeriksa jadwal buka observatorium, datanglah tepat waktu, gunakan pakaian yang sopan, bila datang dengan nama sekolah maka sebaiknya menggunakan seragam sekolah dan jangan lupa membawa payung karena bila hujan tidak ada tempat untuk berteduh.

Ternyata seru loh bila dapat melihat keindahan bintang, bulan dan benda langit lainnya menggunakan teropong sehingga lebih jelas terlihat. Selain itu kita juga bisa napak tilas petualangan Sherina salah satu film yang sempat booming di tahun 2000 an. Bila tertarik cepatlah mendaftar karena kapasitas hanya 200 orang saja per sekali kunjungan dan sayangnya untuk kunjungan malam di tahun 2014 sudah ditutup, jadi coba lagi di tahun depan. Selamat mencoba …

Tags: bandung utara edukasi lain-lain lembang

Posting Terkait "Meneropong Indahnya Bintang Di Observatorium Bosscha"

7 Tempat Wisata Bogor Cisarua Yang Cocok Untuk Keluarga
Wisata Bogor Cisarua – Lokasi ini memang
7 Tempat Wisata Bogor Cianjur Yang Sedang Hits Dan Populer
Wisata Bogor Cianjur – Semua orang mengetahui
6 Tempat Wisata Dekat Dengan Lokasi Wisata Bogor Cibatok
Wisata Bogor Cibatok – Memang tidak banyak
6 Tempat Wisata Bogor Cibodas, Dekat Dengan Alam
Wisata Bogor Cibodas – Puncak Bogor memang

Tinggalkan pesan "Meneropong Indahnya Bintang Di Observatorium Bosscha"