Kuliner Dan Oleh-Oleh Khas Bandung Yang Wajib Dicoba

Kota Bandung yang terkenal sebagai kota Paris di Jawa (Paris Van Java) memiliki pesona tersendiri bagi para wisatawan. Tak hanya objek wisata Bandung yang menarik namun kota Bandung sangat terkenal dengan wisata kuliner dan belanjanya. Kurang afdol rasanya bila mengunjungi kota Bandung tanpa membeli oleh-oleh khas Bandung untuk keluarga dan teman Anda yang Anda sayangi.

Kuliner Dan Oleh-Oleh Khas Bandung

Berikut saya informasikan kuliner dan oleh-oleh khas Bandung yang wajib dibeli dan dibawa untuk orang-orang spesial:

1. Bolen dan Brownies Kartika Sari

oleh-oleh khas kota bandung, makanan populer di kota bandung, kue kartikasari bandung

Kartika Sari adalah salah satu produsen dan penjual kue yang terkenal di kota Bandung. Uniknya Kartika Sari tidak pernah membuka cabang di kota lain selain kota Bandung. Kartika Sari menjual berbagai macam kue, keripik dan jajanan pasar. Salah satu kue yang wajib dibeli sebagai oleh-oleh khas Bandung adalah bolen pisang dan brownies panggang. Tapi bila Anda mau membeli yang lainnya, gerai-gerai Kartika Sari cukup lengkap menyediakan berbagai macam makanan untuk oleh-oleh. Salah satu gerai yang Judah diakses di kota Bandung adalah Kartika Sari Dago.

Gerai Kartikasari Dago Bandung, tempat membeli oleh-oleh khas bandung di dago

2. Brownies Kukus Amanda

Amanda merupakan salah satu produsen dan penjual kue yang terkenal di kota Bandung selain Kartika Sari. Mengikuti langkah pendahulunya Kartika Sari, Amanda memulai debutnya dengan menjual brownies kukus yang kemudian menjadi terkenal hingga akhirnya Amanda membuka beberapa gerai termasuk di lunar kota Bandung. Oleh-oleh khas Bandung yang wajib dibeli adalah brownies kukusnya. Dibandingkan dengan Kartika Sari, harga brownies kukus Amanda jauh lebih murah dan penampakannya jauh lebih basah dan berminyak, namun dari segi rasa sama-sama enak.

3. Batagor Riri, Kingsley dan Isan

Batagor adalah singkatan dari baso tahu goreng yaitu tahu yang diberi adonan baso ikan di tengahnya kemudian di goreng. Selain tahu, mereka pun menyediakan siomay goreng. Selain enak dimakan di tempat, Anda pun dapat membeli batagor setengah matang untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Batagor Riri dan Batagor Kingsley harganya cukup lumayan mahal tapi batagor Isan harganya nyaman di kantong, sementara rasanya semuanya enak. Anda dapat dengan mudah menemui kuliner ini di dekat factory outlet atau dekat gerai Kartika Sari depan stasiun Bandung atau di Dago.

Baca juga:  Tugu Batu Layar Pangandaran

4. Baso Tahu Tulen

Baso tahu atau lebih dikenal dengan siomay di Jakarta adalah kuliner khas Bandung yang terbuat dari tahu yang tengahnya diberi adonan baso ikan, siomay, pare, kentang dan telur yang kemudian dikukus dan disajikan dengan saus kacang, kecap dan jeruk purut. Harga satuan baso tahu tulen memang lumayan tetapi sesuai dengan rasanya yang enak. Andapun dapat membeli baso tahu tulen setengah matang sebagai oleh-oleh khas Bandung. Anda dapat membeli baso tahu tulen dengan mudah di dekat gerai Kartika Sari di dekat stadium kereta api Bandung atau di dekat pintu tol Pasteur tujuan Jakarta.

5. Cendol Elizabeth

Cendol terbuat dari tepung beras dengan tambahan warna hijau daun suji lalu dibentuk bulat memanjang kecil-kecil disajikan dengan saus gula merah dan santan. Rasanya makin enak dengan tambahan aroma dari potongan kecil buah nangka dan serutan es batu. Disebut cendol Elizabeth karena penjual cendol ini berada di depan toko tas Elizabeth di daerah otista tak jauh dari alun-alun pusat kota Bandung.

6. Peuyeum Bandung

tape singkong bandung, oleh-oleh khas bandung, kuliner khas bandung

Peuyeum atau tape singkong dalam bahasa Indonesianya memang sangat terkenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Bandung karena warnanya putih bersih, pulen dan rasa manisnya yang alami. Peuyeum sangat enak dimakan sebagai teman minum kopi atau teh atau Anda dapat membuat kreasi masakan yang berbahan peuyeum. Untuk memperoleh peuyeum asli Bandung ini, Anda dapat membelinya di  daerah Cihampelas atau pasar Kosambi Bandung, penjual biasanya menggunakan wadah yang ditutupi daun pisang seperti foto di atas. Peuyeum yang banyak Anda temui di pinggir jalan, yang berwarna kuning biasanya kurang enak karena rasanya yang asam.

7. Keripik Tempe Kosambi

Keripik tempe yang dijual di pasar Kosambi memiliki keunikan tersendiri karena rasanya yang agak manis. Selain keripik tempe, para penjual oleh-oleh khas Bandung di pasar Kosambi juga menjual aneka keripik lain seperti keripik oncom, pisang, bayam, paru, belut, ceker, urat, usus, cireng pedas, aneka dodol dll.

Baca juga:  Serunya Bermain dan Belajar di Tempat Wisata Jendela Alam Bandung

Sebetulnya masih banyak kuliner dan oleh-oleh khas Bandung lainnya karena Bandung memang gudangnya kuliner enak tapi saya rasa cukup 7 item di atas dulu saja, takutnya kepanjangan :-). Selamat mencoba ..

Baca juga: 6 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Tags: oleh-oleh

Posting Terkait "Kuliner Dan Oleh-Oleh Khas Bandung Yang Wajib Dicoba"

7 Tempat Wisata Bogor Cisarua Yang Cocok Untuk Keluarga
Wisata Bogor Cisarua – Lokasi ini memang
7 Tempat Wisata Bogor Cianjur Yang Sedang Hits Dan Populer
Wisata Bogor Cianjur – Semua orang mengetahui
6 Tempat Wisata Dekat Dengan Lokasi Wisata Bogor Cibatok
Wisata Bogor Cibatok – Memang tidak banyak
6 Tempat Wisata Bogor Cibodas, Dekat Dengan Alam
Wisata Bogor Cibodas – Puncak Bogor memang

Tinggalkan pesan "Kuliner Dan Oleh-Oleh Khas Bandung Yang Wajib Dicoba"