Cara Menghindari Kehilangan Bagasi

Barang bawaan yang sangat banyak dan tidak dapat dibawa masuk ke dalam kabin pesawat biasanya kita taruh dalam bagasi. Karena bagasi tidak berada dalam pengawasan kita sendiri secara langsung maka selalu ada rasa khawatir bagasi tsb hilang, entah terbawa maskapai lain atau memang hilang dicuri. Beberapa kali kita mendengar kasus kehilangan bagasi. Kehilangan bagasi tentunya sangat merugikan kita sebagai penumpang karena seharusnya kita dapat berlibur secara tenang malah harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli semua keperluan yang awalnya tersedia di dalam bagasi.

images (3)

Kasus kehilangan bagasi tak hanya terjadi pada penerbangan pribadi dan perorangan, kadang kala terjadi juga pada penerbangan rombongan. Pernah suatu ketika saya ada acara annual meeting yang melibatkan hampir semua pegawai untuk melakukan travelling menggunakan pesawat. Bagasi salah satu teman yang harusnya sudah terkirim ke hotel ternyata hilang entah kemana. Akhirnya teman tsb harus membeli pakaian dan keperluan lainnya karena untuk klaim ke maskapai pun memerlukan waktu yang agak lama dan sungguh merepotkan.

Lalu bagaimana cara menghindari kehilangan bagasi? yuk simak langsung …

1. Jangan Menaruh Barang Berharga Dalam Bagasi

Semua barang berharga seperti dompet, laptop, pasport dan dokumen penting lainnya harap disimpan di tas khusus dan dibawa ke dalam kabin. Jangan pernah menaruh barang berharga dalam bagasi karena sekalinya hilang akan sangat merepotkan.

2. Beri Identitas Yang Jelas Pada Bagasi

Dengan adanya identitas yang jelas maka bila terjadi koper bagasi yang tertukar atau ketinggalan di suatu tempat maka akan orang yang menemukan akan dengan mudah mengembalikannya. Beri label yang besar dan tanda yang jelas, misalnya beri pita atau label lain yang mudah dikenali. Dan pastikan pula Anda memberi tanda identitas seperti nama, nama dan no keberangkatan pesawat, dan nomor telpon yang jelas, hal ini penting dilakukan karena bila label yang Anda tempelkan di depan koper bagasi Anda terlepas maka orang yang menemukan koper bagasi Anda dapat segera menghubungi Anda atau mengembalikan koper tsb ke penerbangan yang benar.

Baca juga:  7 Tips Liburan Asik di Pangandaran

3. Gunakan Alat Pengaman Bagasi

Walaupun sebetulnya koper bagasi Anda masih ada kemungkinan untuk dibongkar tapi setidaknya alat pengaman seperti gembok dan plastik wrap dapat memperlambat proses perusakan koper Anda.

4. Asuransikan Bagasi Anda

Walaupun ada biaya tambahan tapi menurut saya pribadi lebih baik rasa aman. Dengan biaya 30-35 ribu, Anda sudah dapat mengurangi rasa khawatir akan kehilangan bagasi.

5. Buat Daftar Barang Bawaan Dalam Bagasi

Sebelum Anda mendaftarkan asuransi, sebaiknya Anda membuat daftar barang bawaan. Hal ini penting untuk proses klaim dan mempermudah kembalinya barang bawaan Anda. Bila Anda sendiri saja tidak yakin dengan barang bawaan Anda apalagi pihak asuransi :-).

Itulah 5 tips untuk menghindari kehilangan bagasi. Bila Anda mengalami kehilangan bagasi segera hubungi maskapai penerbangan Anda dan pihak bandara.

Selamat mencoba dan selamat berlibur ….

 

Tags: bagasi

Posting Terkait "Cara Menghindari Kehilangan Bagasi"

Cara Mudah Mendapatkan Tiket Murah Untuk Libur Lebaran
Libur lebaran sudah di depan mata dan
Begini Caranya Liburan Murah Ala Backpacker
Liburan murah memang sangat menggoda, apalagi bila
7 Tips Liburan Asik di Pangandaran
Setiap kali kita akan berlibur pastinya kita
7 Cara Menikmati Pantai Barat Pangandaran
Ada berbagai cara untuk kita berlibur di

Komentar ditutup.