Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Objek wisata gunung tangkuban perahu merupakan salah satu objek wisata populer yang ada di Lembang, Bandung Utara terletak pada ketinggian 2084 meter di atas permukaan laut.

sumber foto: infobdg.com

sumber foto: infobdg.com

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif yang ada di Jawa Barat, gunung ini dikabarkan meletus terakhir kali tahun 1929 dan beberapa kali gunung ini berstatus siaga dan ditutup untuk dimasuki wisatawan karena alasan keamanan. Namun walaupun gunung ini masih aktif tetap tidak menyurutkan para wisatawan untuk mengunjungi objek wisata gunung Tangkuban Perahu yang bentuknya unik dan kawahnya yang indah.

Objek wisata ini diberi nama Tangkuban Perahu karena bentuk gunung yang mirip perahu terbalik atau dalam bahasa Sunda “tangkuban” atau “nangkuban”. Menurut cerita rakyat legenda Sangkuriang, gunung ini terbentuk dari sebuah perahu yang dibuat oleh Sangkuring kemudian ditendang sampai terbalik karena Sangkurian kesal tidak dapat membuat perahu sesuai waktu yang diberikan Dayang Sumbi dan pupuslah harapan Sangkuriang untuk menikahi Dayang Sumbi yang merupakan ibu kandungnya sendiri. Anda dapat dengan jelas melihat bentuk unik perahu terbalik ini dari puncak menara gedung Sate atau dari kolam nusantara yang ada di kampus ITB (Institut Teknologi Bandung) dengan melihat ke arah Utara.

Objek wisata Gunung Tangkuban Perahu terletak di desa Cikole kecamatan Lembang, berada sekitar 30 km dari Bandung kota atau sekitar 11 km dari Lembang ke arah Subang. Dari pintu gerbang masuk objek wisata, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hutan yang didominasi oleh pohon pinus yang hijau indah dan udaranya sangat segar.

Objek wisata Gunung Tangkuban Perahu memiliki 10 kawah yaitu kawah Ratu, kawah Domas, kawah Upas, kawah Baru, kawah Jurig, kawah Badak, kawah Siluman, kawah Paguyuban Badak, kawah Lanang dan kawah Ecoma. Kawah Ratu merupakan kawah terbesar dan termasuk salah satu kawah yang paling banyak dilihat oleh wisatawan selain kawah Domas dan kawah Upas. Jarak antara tiap kawah tidak terlalu jauh dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki . Selain itu terdapat 4 kawasan hutan yaitu Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, dan Hutan Ericaceous.

Kawah Ratu

Kawah Ratu

Fasilitas yang tersedia disini berupa area parkir yang luas, toilet, mushola, penjual sovenir dan tentunya penjual makanan dan minuman.

Baca juga:  Objek Wisata Kawah Putih

Biaya tiket masuk dan biaya parkir di objek wisata Gunung Tangkuban Perahu:

  • Tiket Masuk Wisatawan Lokal : Rp. 13.000
  • Tiket Masuk Wisatawan Luar : Rp. 50.000
  • Biaya parkir motor : Rp. 5000
  • Biaya parkir mobil :  Rp. 10.000
  • Biaya parkir bis : Rp. 20.000

Bila Anda menyukai hiking, Anda dapat menyusuri objek wisata Jayagiri – Tangkuban Perahu dengan berjalan kaki.

Selamat berlibur dan selamat mencoba …

Tags: bandung utara gunung hiking kawah lembang

Posting Terkait "Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu"

7 Tempat Wisata Bogor Cisarua Yang Cocok Untuk Keluarga
Wisata Bogor Cisarua – Lokasi ini memang
7 Tempat Wisata Bogor Cianjur Yang Sedang Hits Dan Populer
Wisata Bogor Cianjur – Semua orang mengetahui
6 Tempat Wisata Dekat Dengan Lokasi Wisata Bogor Cibatok
Wisata Bogor Cibatok – Memang tidak banyak
6 Tempat Wisata Bogor Cibodas, Dekat Dengan Alam
Wisata Bogor Cibodas – Puncak Bogor memang

Komentar ditutup.